Friday, September 30, 2016

Bola-Bola Singkong Dengan Kelapa Parut



Hai teman-teman.. Kali ini saya mau share resep kudapan berbahan dasar singkong. Ketela pohon, ubi kayu atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku EuphorbiaceaeUmbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Tanaman ini bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.


Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

Singkong pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay, sejak kurang lebih 10 ribu tahun yang lalu. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua kultivar M. esculenta dapat dibudidayakan. Walaupun demikian, bukti-bukti arkeologis budidaya singkong justru banyak ditemukan di kebudayaan Indian Maya, tepatnya di Meksiko dan El Salvador.
Wikipedia
Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun.
Okeh segitu aja penjelasannya. Ini dia resepnya ya...

Bola-Bola Singkong Dengan Kelapa Parut

Bahan :
- Singkong 1 kg, kupas, bersihkan, parut.
- Gula pasir 100gr
- Garam 1 sdt
- Pewarna makanan warna hijau pandan dan merah stobery masing-masing 4 tetes, saya pakai merk Butterfly

Taburan :
- Kelapa muda, kupas kulitnya, parut. Campur dengan 1/2 sdt garam. Kukus sampai matang.

Cara Membuat :
Campur singkong parut, gula dan garam.
Bagi menjadi 2 bagian. Beri masing-masing pewarna makanan, aduk rata.
Bentuk bola-bola seukuran kelereng, sisihkan.
Tuang air kedalam panci kukusan. Tunggu sampai panas. 
Kukus bola - bola singkong selama 30 menit. Angkat, dinginkan.
Sajikan dengan taburan kelapa parut.

sumber : wikipedia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...